17 Oktober 2017
Home / News / Bisnis / Taiwan denda Qualqomm 774 juta dolar karena monopoli

Taiwan denda Qualqomm 774 juta dolar karena monopoli

Kantor Pusat Qualqomm.

Hong Kong (RiauNews.com) – Perusahaan semikonduktor yang memproduksi berbagai chip untuk komputer, smartphone dan gadget lainnya kembali berhadapan dengan hukum. Kali ini Pemerintah Taiwan melalui Komisi Dagang menghukum perusahaan asal Amerika Serikat tersebut dengan denda sebesar 774,14 juta dolar, karena dianggap melanggar peraturan antimonopoli dengan chip mereka.

Pernyataan ini dikeluarkan pada Rabu (11/10/2017), dan seperti dilansir Reuters, Komisi tersebut mengatakan Qualcomm memonopoli pasar chip dengan modem mereka, yang memberikan sambungan nirkabel data untuk perangkat mobile, dan menolak memberikan izin teknologi kepada pemain lainnya.



Dalam keterangan terpisah, Qualcomm menyatakan keberatan dengan keputusan tersebut. Jika keputusan resmi sudah keluar dalam beberapa pekan ke depan, mereka akan mengajukan banding.

“Denda itu tidak ada hubungan rasional dengan jumlah pendapatan atau aktivitas Qualcomm di Taiwan. Qualcomm akan mengajukan banding terhadap nilai denda dan metode yang digunakan untuk menghitungnya,” kata Qualcomm.

Snapdragon, salah satu prosesor Qualcomm yang mendominasi gadget.

Ini bukan masalah pertama yang dihadapi Qualcomm, mereka sebelumnya juga harus berhadapan dengan regulator Amerika Serikat dan Apple Inc untuk masalah yang serupa.

Juga, pada Desember lalu, regulator Korea mendenda mereka sebesar 854 juta dolar karena melanggar undang-undang kompetisi. Qualcomm pernah didenda China sebesar 975 juta dolar pada 2015 lalu.***

Baca Juga

Wow, kopi ini harganya Rp60 juta perkilo

Bandung (RiauNews.com) – Kopi luwak memang terkenal dengan harganya yang mahal, namun tahukah anda ternyata ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *