Home / News / Bisnis / Singapura “cium” pelanggaran persaingan dalam akuisisi Uber oleh Grab

Singapura “cium” pelanggaran persaingan dalam akuisisi Uber oleh Grab

Akuisisi Uber oleh Grab diindikasikan ada pelanggaran persaingan usaha. (Kredit: Reuters/CNBC)

Singapura (RiauNews.com) – Rencana aksi korporasi Grab yang akan mengakusisi bisnis Uber di Asia Tenggara sepertinya tidak akan berjalan mulus. Komisi pengawasan dan persaingan usaha Singapura atau Competision Commission of Singapure (CSS) melihat ada aturan yang nantinya dilanggar terkait persaingan, jika hal ini rampung dijalankan.

CSS telah memulai penyelidikan awal atas kesepakatan tersebut, dan mengusulkan langkah-langkah sementara yang akan mengharuskan Uber dan Grab untuk mempertahankan tarif asal mereka. Pernyataan ini dikeluarkan CSS pada Jumat (30/3/2018) seperti dikutip dari RiauNews.com dari CNBC Indonesia.



Hasil penyelidikan awal tersebut juga mengharuskan Uber dan Grab untuk tidak mengambil tindakan apa pun yang mengarahkan pada integrasi bisnis mereka di Singapura. Kebijakan ini akan menjadi rintangan besar bagi Uber untuk meningkatkan profitabilitas dengan keluar dari pasar Asia Tenggar yang merugi.

Dilansir oleh Reputers, ini adalah pertama kalinya CSS mengeluarkan langkah-langkah sementara untuk sebuah aksi korporasi di bidang teknologi. Akuisisi bisnis Uber Asia Tenggara oleh Grab diperkirakan bernilai US$ 6 miliar atau setara Rp 81 triliun (asumsi US$1 = Rp 13.500). Nilai tersebut dikonversi menjadi 27,5% kepemilikan saham Grab oleh Uber. CEO Uber Dara Khosrowshahi akan bergabung dengan manajemen Grab.

CSS mengatakan kedua perusahaan akan diberi kesempatan untuk membuat pernyataan tertulis setelah menerima proposal langkah-langkah sementara yang diusulkan. CSS belum menerima pemberitahuan dari Uber dan Grab pada Jumat, meski kedua perusahaan telah mengindikasikan niat mereka untuk mengajukan pemberitahuan merger resmi.

Negara Singa ini memiliki kebijakan setiap merger sukarela harus dilaporkan pada CSS.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: