Home / News / Bisnis / Rp4,4 triliun disiapkan BI Riau guna keperluan lebaran

Rp4,4 triliun disiapkan BI Riau guna keperluan lebaran

Layanan penukaran uang pecahan oleh Bank Indonesia.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang tunai di tengah-tengah masyarakat jelang hari besar agama Islam, yakni Idul Fitri 1438 Hijriah, Bank Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Riau menyediakan uang tunai sebanyak Rp4,4 triliun dengan berbagai nominal pecahan.

Kepala BI Riau Siti Astiyah menyatakan bahwa jumlah tersebut meningkat 4,6 persen dibanding tahun lalu yang “hanya” Rp4,2 triliun.

“Kita telah melakukan survei dan sudah diproyeksi jauh hari sebelum Ramadan,” kata Siti di Pekanbaru, Kamis (8/6/2017).

Sementara bagi masyarakat khususnya warga Pekanbaru yang ingin melakukan penukaran uang, BI telah menyediakan waktu khusus mulai dari 14-15 Juni dan 19-22 Juni bertempat di halaman Kantor BI, Jalan Sudirman Pekanbaru, dengan menggandeng sejumlah bank.

“30 bank akan bergantian setiap hari penukaran bersama BI melayani penukaran uang pecahan,” tuturnya.

Siti menjelaskan juga, masyarakat tak dibatasi berapa jumlah uang yang ingin ditukarkan, yang penting tiap nominal satu ikat yang tediri dari 100 lembar.

“Jadi jika pecahan Rp10 ribu, maka jumlahnya yang ditukar adalah Rp1 juta, kalau pecahan Rp5 ribu berarti berjumlah Rp500 ribu,” katanya.

Siti berpesan kepada masyarakat terutama saat menukarkan uang agar melakukannya pada tempat dan institusi yang benar agar terhindar dari uang palsu. “Selain aman dan nyaman juga tidak dipungut biaya,” tambahnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: