14 Desember 2018
Home / News / Bisnis / PAD Pekanbaru dari sektor perhotelan naik signifikan

PAD Pekanbaru dari sektor perhotelan naik signifikan

Hotel Winstar Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Pajak di sektor perhotelan menjadi salah satu andalan Kota Pekanbaru dalam meraup pendapatan asli daerah (PAD). Hal ini terlihat dalam liba bulan tahun 2017 ini sudah terkumpul Rp12,25 miliar, naik Rp1,1 miliar di banding periode yang sama tahun lalu alias year on year (yoy).

“Tahun lalu di periode yang sama cuma terkumpul PAD Rp11,17 miliar dari perhotelan, jadi ada tren kenaikan,” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie, Kamis (1/6/2017).

Ditambahkan Rozie, peningkatan perolehan PAD dari salah satu sektor unggulan tersebut merupakan hasil kerja keras jajaran Bapenda dan instansi terkait dalam menekan potensi kebocoran pajak.

Hingga kini, sambungnya, kebocoran pajak, dimulai dari validasi data serta minimnya pengawasan terus berusaha dibenahi. Karena, PAD dari sektor hotel merupakan salah satu sektor unggulan selain iklan, Pajak Bumi Bangunan dan sektor jasa lainnya.

Tahun lalu, ia mengatakan kebocoran PAD dari setor hotel mencapai 30 persen. Angka tersebut diperoleh dari hitung-hitungan yang diambilnya sudah sesuai dengan angka minimal okupansi hotel sebanyak 60 persen.

“Kita akan berupaya melakukan pemerisaan rutin dan konsisten seingga Pemeriksaan secara periodik. Saya yakin yakin target pajak perhotelan tercapai,” ucapnya.

Secara keseluruhan Bapenda Kota Pekanbaru menargetkan PAD pada 2017 ini yang dipatok pada angka Rp600 miliar. Target tersebut naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp535 miliar.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: