Home / News / Bisnis / Maskapai yakin tiket lebaran tetap laku meski mahal

Maskapai yakin tiket lebaran tetap laku meski mahal

Porter di Bandara SSK II turut merasakan sepinya penumpang domestik akibat mahalnya tiket pesawat.

Jakarta (RiauNews.com) – Sejumlah maskapai penerbangan tetap percaya diri penjualan tiket mudik Lebaran 2019 ini akan meningkat meski harganya kerap dikeluhkan mahal oleh masyarakat. Rata-rata perusahaan menargetkan penjualan tiket untuk mudik Lebaran nanti bisa naik sebesar 10 persen dibanding tahun lalu.

Lion Air Group misalnya, manajemen menargetkan penjualan pada musim puncak (peak season) Ramadan dan Lebaran tahun ini naik 10-15 persen dibandingkan bulan biasa. Atas target tersebut, perusahaan menambah 20.150 ketersediaan kursi (extra flight) selama masa angkutan Lebaran dan liburan 2019.



“Rata-rata musim liburan dan Lebaran tren travelling dengan permintaan menggunakan jasa penerbangan meningkat,” ucap Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihantoro kepada CNNIndonesia.com, Senin (13/5/2019).

Baca: Duopoli Garuda Indonesia-Lion Air jadi alasan pemerintah intervensi harga tiket pesawat

Ia merinci, Lion Air akan menambah 62 penerbangan dengan 11.718 kursi, Batik Air 35 penerbangan dengan 5.840 kursi, dan Wings Air 36 penerbangan dengan 2.592 kursi. Penerbangan tambahan ini akan mulai berlaku pada 29 Mei-20 Juli 2019.

“Periode tersebut dinilai sebagai musim puncak untuk arus mudik dan arus balik serta tren millennials traveling,” tuturnya.

Beberapa rute penerbangan tambahan Lion Air Group, yakni Jakarta-Padang, Jakarta-Pekanbaru, Jakarta-Solo, Yogyakarta-Banjarmasin, Surabaya-Balikpapan, Semarang-Balikpapan, Surabaya-Semarang, dan Surabaya-Kalimantan Tengah.

Baca: ASITA Riau sayangkan ketiadaan respon Menteri Pariwisata terkait tingginya harga tiket pesawat

Namun, Danang menyebut bahwa pihaknya belum bisa memaparkan data penjualan sementara tiket mudik hingga posisi terakhir. Perusahaan masih perlu menganalisis lebih lanjut karena penjualan terus berlangsung.

Sementara, terkait isu harga tiket pesawat yang mahal saat ini, Danang memastikan bahwa Lion Air Group selalu menaati peraturan tarif batas atas (TBA) yang diberlakukan oleh pemerintah.

“Harga jual dari Lion Air Group masih sesuai aturan atau berada di bawah koridor tarif batas atas,” jelas dia.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: