Home / News / Bisnis / Aceh akan tutup semua Bank Konvensional

Aceh akan tutup semua Bank Konvensional

Aceh akan menerapkan semua bank hanya boleh bersistem syariah.

Banda Aceh (RiauNews.com) – Jika Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menyetujui qanun atau peraturan daerah (perda) tentang lembaga keuangan syariah (LKS) untuk disahkan, maka nantinya bank-bank konvensional harus angkat kaki, atau beroperasi tapi dengan nasabah terbatas di provinsi yang berada di ujung utara Pulau Sumatera tersebut.

Qanun ini merupakan “ide” dari Pemerintah Provinsi Aceh, di mana pertimbangannya lembaga keuangan konvensional yang selama ini beroperasi menganut sistem riba, sehingga bertentangan dengan Aceh yang menerapkan syariat secara sempurna (kaffah).

Menanggapi qanun ini, Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap, perbankan di Aceh bisa menyesuaikan.

“Sekarang produk syariah banyak. Kami berharap masyarakat dan pengusaha bisa menyesuaikan,” kata Wimboh ketika ditemui di Lapangan Monas, Rabu (22/11/2017), sebagaimana dilansir Antara.

Dalam qanun ini disebut, nantinya tetap akan ada lembaga keuangan tertentu di Aceh yang menganut sistem konvensional untuk melayani nasabah non-muslim. Targetnya, qanun ini akan disahkan paling lambat akhir 2017.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Krisriyana, mengaku masih akan mempelajari isi qanun tentang rencana penutupan bank konvensional di Aceh.

“Kami lihat dulu aturannya seperti apa,” kata Heru. ***

Baca Juga

Perusahaan Jepang akan gaji karyawannya dengan Bitcoin

Tokyo (RiauNews.com) – Sebuah perusahaan di Jepang mulai menawarkan kepada karyawannya untuk digaji menggunakan mata ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: