22 Agustus 2019
Home / Nasional / Puluhan ribu penumpang pesawat batal terbang akibat letusan Gunung Agung

Puluhan ribu penumpang pesawat batal terbang akibat letusan Gunung Agung

Terminal Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Jakarta (RiauNews.com) – Meningkatnya status Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, menjadi awas, berdampak dibatalkannya 445 penerbangan dari dan menuju Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

Seperti diketahui, gunung yang memiliki tinggi 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini kembali erupsi dan memuntahkan abu vulkanik yang dapat membahayakan penerbangan.

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah Murni dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (27/11/2017), 89.000 calon penumpang pesawat batal berangkat sejak penutupan bandara Ngurah Rai sejak pukul 07.15 WITA.

“455 itu dikali sekitar 200, karena di setiap pesawat itu rata-rata berisi sekitar 200 orang,” katanya.

Dia mengatakan saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait dan terus mengawasi selama 24 jam.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo, menyebut untuk penerbangan dari Bandara Internasional Lombok, yang terdampak yakni 51 penerbangan atau 2.900 penumpang.

Sugihardjo mengimbau kepada masyarakat untuk mengganti moda ataupun menunda penerbangan karena ini merupakan kejadian alam yang tidak bisa diprediksi.

Penutupan dan pembukaan bandara ini sifatnya sangat dinamis tergantung dengan arah angin bergerak, kalau bergeraknya ke Tenggara, bandara yang terdampak adalah Bandara Lombok, kalau ke arah Barat Daya yang terdampak adalah Bandara Ngurah Rai.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: