Home / Kesehatan / Tim kesehatan hewan akan dampingi penyembelihan qurban

Tim kesehatan hewan akan dampingi penyembelihan qurban

Sapi kurban mesjid Assyuhada Jalan Kuantan VII RT 04 Tanjung Rhu Kecamatan Limapuluh Pekanbaru
Sapi kurban mesjid Assyuhada Jalan Kuantan VII RT 04 Tanjung Rhu Kecamatan Limapuluh Pekanbaru

Pekanbaru(RiauNews). Sebagai langkah untuk memastikan daging qurban yang dikonsumsi masyarakat aman dari berbagai penyakit, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru akan menurunkan tim pemantau di setiap mesjid untuk melakukan pengecekan karkas usai disembelih pada Hari Raya Idhul Adha mendatang.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Elsyabrina mengatakan bahwa sejak Senin(14/92015), pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan pengecekan hewan qurban.

“Disamping pengecekan hewan qurban, sebelumnya kita sudah mensosialisasikan kepada seluruh pengurus mesjid terkait proses pengecekan daging qurban sesuai standar,” kata Elsyabrina kepada RiauNews, Selasa (15/9/2015) di Pekanbaru.

Nantinya, setelah mendapat informasi waktu penyembelihan hewan qurban dari pengurus mesjid, tim akan mendampingi panitia untuk memeriksa kelayakaan dan uji kualitas karkas atau daging qurban.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk menghindari adanya cacing-cacing pita yang bersarang pada daging qurban, karena pada saat masih hidup, penyakit hewan tersebut tidak terdeteksi,” ujarnya memaparkan.

Elsyabrina menambahkan, untuk pemeriksaan daging qurban tersebut, pihaknya akan memungut biaya retribusi pelayanan yang sesuai dengan Perda yang berlaku, yakni sebesar Rp20 ribu untuk sapi dan Rp5 ribu untuk kambing.

Elsyabrina juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin membeli hewan qurban agar teliti dan berhati-hati. Jika pedagang tidak melengkapi surat kesehatan hewannya, maka diminta masyarakat untuk tidak membeli.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebutuhan sapi qurban  tahun ini sedikit peningkat sekitar 400 ekor jika dibandingkan tahun lalu yakni 6.417 ekor. Sedangkan untuk jenis hewan kerbau sebanyak 592 ekor, kambing 1.652 ekor.

Pewarta : Safrinyanti

loading...