Tahukah anda di mana Vanuatu?

Negara Vanuatu yang terletak di Samudra Pasifik.

RiauNews.com – Timnas Indonesia baru saja berhasil memetik kemenangan besar 6-0 atas Vanuatu dalam laga ujicoba yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6/2019).

Namun, tahukah anda di mana negara Vanuatu tersebut berada? Apakah berada di benua Asia, Amerika, Afrika atau Eropa?



Vanuatu tidak berada di salah satu benua tersebut. Jika dilihat di peta dunia, Vanuatu bagai sebuah titik di lautan luas Samudra Pasifik.

Baca: Komentar Pelatih Vanuatu usai dibantai Timnas 6-0

Ya, Republik Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan. Vanuatu terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon.

Dikutip dari Wikipedia, jumlah penduduk Vanuatu hanya berkisar 272 ribuan (sensus 2016) dan dihuni oleh bangsa Melanesia seperti orang Papua. Bandingkan dengan Indonesia yang saat ini jumlah penduduknya diperkirakan sudah mencapai 261 juta.

Orang Eropa pertama yang mengunjungi pulau ini adalah Fernandes de Queiros dari Portugis beserta armadanya dari Spanyol yang sampai ke daerah ini pada tahun 1606.

Baca: Timnas Indonesia berondong Vanuatu enam gol tanpa balas

Spanyol dan Portugal masih bersatu dibawah pimpinan raja Spanyol sejak tahun 1580 (Kerajaan Portugis didirikan kembali tahun 1640), sehingga Queiros mengklaim kepulauan ini untuk Spanyol sebagai bagian dari Hindia Timur Spanyol, kemudian memberinya nama La Austrialia del Espíritu Santo.

Pada tahun 1880, kepulauan ini jatuh ke tangan Perancis dan Britania Raya. Pada tahun 1906, kedua negara ini setuju untuk membentuk pemerintahan bersama atau kondominium yang diberi nama Hebrides Baru.

Gerakan kemerdekaan mulai muncul tahun 1970, dan akhirnya Republik Vanuatu berdiri tahun 1980. Vanuatu kemudian menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Inggris, Francophonie, dan Forum Kepulauan Pasifik.

Bahasa resmi yang digunakan di Vanuatu adalah Bislama, Inggris dan Perancis.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: