Home / Internasional / Orang tertua di dunia asal Italia meninggal dalam usia 117 tahun

Orang tertua di dunia asal Italia meninggal dalam usia 117 tahun

Emma Morano saat berulang tahun 177 taun. (Kredit Foto: Reuters)

Milan (RiauNews.com) – Orang tua tertua di dunia saat ini asal Italia, Emma Morano, meninggal pada Sabtu (15/4/2017), dalam usia 117 tahun.

Carlo Bava, dokter yang menangani Morano selama 27 tahun mengatakan, pasiennya itu menghembuskan napas terakhirnya dalam posisi duduk di kursi rumahnya, di Verbania, tepi Danau Maggiore, sebuah tempat yang berada di Barat Laut Ibukota Italia, Milan.

Morano lahir pada 29 November 1899 di Civiasco, wilayah Piedmont, Italia utara. Merupakan tahun yang sama, saat Guglielmo Marconi kali pertama mentransmisikan sinyal radio melintasi selat dan empat tahun sebelum Wright bersaudara mengangkasa.

Morano juga merasakan hidup selama dua perang dunia (perang dunia pertama dan kedua), serta menyaksikan lebih dari 90 pemerintahan Italia. Dia menyaksikan dan merasakan referendum mendasar Italia menjadi Republik Italia pada 2 Februari 1946, menandai akhir kekuasaan Raja Victor Emmanuel III.

Morano secara resmi diakui sebagai orang tertua di dunia setelah Susannah Mushatt Jones meninggal di New York pada Mei tahun lalu.

Selain Morano, anggota keluarganya yang lain juga tercatat berumur panjang. Ibunya, seorang bibi dan beberapa saudara Morano mencapai usia 90 tahun, salah satunya Angela Morano yang meninggal pada usia 102 tahun.

Morano menjadi orang tertua di Italia dan Eropa setelah kematian Maria Redaelli pada awal 2013. Demikian seperti dilansir Antara dari the Guardian.***

 
loading...