Home / Hukum & Kriminal / Tujuh napi Rutan Sialang Bungkuk kabur, empat berhasil digagalkan

Tujuh napi Rutan Sialang Bungkuk kabur, empat berhasil digagalkan

Napi kabur dengan menggunakan sarung untuk menuruni atap dan dinding Rutan.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Jumlah narapidana dan tahanan yang kabur dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk pada Kamis (8/6/2017), berjumlah tujuh orang. Namun upaya kabur empat orang berhasil digagalkan, sedangkan tiga lainnya belum ditemukan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Riaunews.com dari Karutan Azhar, para tahanan berhasil kabur dengan memanjat tiga dinding tembok dan pagar keliling.

“Mereka kabur saat melihat situasi dan jadwal blok yang saat itu dibuka untuk pelaksanaan sholat tarawih. Saat sholat tarawih berlangsung mereka kembali ke blok tetapi tidak untuk masuk kamar, melainkan ke sisi gang antara blok A dengan blok B,” kata Azhar, Jumat (9/6/2017).

Petugas jaga yang saat itu bertugas hanya empat orang, dan sedang fokus pada kegiatan pengamanan shalat. Hal ini kesempatan bagi pelaku untuk kabur menggunakan kain sarung untuk shalat sekitar pukul 21.00 Wib.

Tiga orang berhosil keluar tembok, namun naas bagi yang empat orang lagi, pelaksanaan sholat tarawih keburu selesai sehingga petugas memergoki mereka yong langsung berlari kedalam blok.

“Petugas berhasil mengamankan keempat orang tersebut dari amukan massa penghuni blok B, yang kemudian segera diidentifikasi dan diperoleh data tentang narapidana/ tahanan yong kabur tersebut,” tambahnya.

Untuk menghindori amukan massa penghuni blok lainnya keempat orang tersebut segera dipindahkan.

Petugas bersama anggota Kepolisian dan TNI lalu bergerak menyisir tempat kejadian kaburnya tiga orang tersebut, namun sayangnya mereka tidak dapat diketemukan. Petugas hanya berhasil mengamankan barang bukti berupa kain sarung yang diikat menjadi tali untuk memanjat tembok dan beberapa pasang sandal.

Azhar menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengejaran dengan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian. Beliau juga menghimbau agar warga masyarakat atau keluarga yang mengetahui keberadaan ketiga pelaku pelarian tersebut untuk segera memberikan informasi kepada pihak kepolisian terdekat atau langsung ke Rutan.

Sementara kepada pelaku Azhar juga berpesan agar segera menyerahkan diri. ***

Reporter: Fitrialis

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: