Home / Hukum & Kriminal / Truk dan supirnya diamankan petugas karena bawa kayu tak berdokumen

Truk dan supirnya diamankan petugas karena bawa kayu tak berdokumen

Polisi menangkap truk bermuatan kayu yang tak dilengkapi dokumen.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Satu unit truk beserta sopirnya diamankan Kepolisian Resor Indragiri Hulu, Provinsi Riau pada Selasa (6/6/2017), karena membawa muatan kayu ilegal yang diduga berasal dari Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

“Truk dan supirnya diamankan karena tidak mampu memperlihatkan dokumen surat sah hasil hutan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Rabu (7/6).

Truk dan sopir yang berinisial SIS (32) ditangkap di Jalan Poros Desa Usul Kecamatan Batang Gansal, Inhu, dengan muatan kayu olahan jenis Balau sebanyak 86 keping berbentuk broti.

Guntur menjabarkan, kronologis kejadiannya pada Selasa tersebut dua anggota Polisi Hutan TNBT melakukan penjagaan di Pos Resor TNBT di Desa Usul Kecamatan Batang. Kemudian melintas satu unit Truk melewati pos penjagaan tersebut.

Anggota Polhut kemudian mengejar dan memberhentikan truk tersebut serta melakukan interogasi lisan terhadap sopir.

“Berdasarkan hasil interogasi tersebut Anggota Polhut TNBT mengamankan dan membawa truk beserta sopir truk beserta barang bukti yang ditemukan ke Polres Inhu guna pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Guntur.

Selanjutnya, kata Guntur, polisi melakukan  penahanan dan proses sidik lebih lanjut. Selain itu juga akan ada pemeriksaan terhadap ahli pengukuran dan prosedur dari Dinas Kehutanan Inhu

“Pasal yang diterapkan adalah pasal 83 ayat (1) huruf b Jo pasal 12 huruf e atau pasal 88 ayat (1) huruf a jo pasal 16 Undang-undang RI no. 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan,” pungkas Guntur.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: