18 November 2018
Home / Hukum & Kriminal / Satu unit alat berat diamankan saat bekerja membuka akses jalan di kawasan TNTN

Satu unit alat berat diamankan saat bekerja membuka akses jalan di kawasan TNTN

Aparat menyegel satu unit ekskavator yang digunakan untuk membuka akses jalan ke Taman Nasional Tesso Nilo secara ilegal.

Pangkalankerinci (RiauNews.com) – Satu unit alat berat jenis ekskavator merek Hitachi diamankan oleh Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Seksi II Wilayah Sumatera, karena diduga digunakan untuk perambahan hutan dan lahan di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

“Dalam penangkapan yang dilakukan pada Kamis (21/12/2017) ini, selain satu unit alat berat, juga diamankan tiga orang yakni MP, AR dan RM,” kata Plh Kepala Gakum Wilayah Sumatera Sunardi, Jumat (22/12/2017).

Ketiganya memiliki peran berbeda-beda, yakni operator, pembantu operator dan pembantu distribusi bahan dari sebuah perusahaan, lanjutnya.



Dijelaskan Sunardi, alat berat tersebut diamankan oleh Tim Patroli Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) saat sedang melakukan pengerjaan akses jalan menuju perkebunan sawit yang berada di kawasan TNTN.

Sementara, menurut keterangan pelaku, alat berat tersebut sudah 1 bulan ini bekerja dan sudah berhasil membuka akses jalan sepanjang dua kilometer.

“Diduga mereka masuk lewat Desa Situgal, Kabupaten Kuantan Sengingi. Sawit dalam kawasan itu sudah ada, tapi belum siap panen. Luasnya kita belum tahu,” terang Sunardi.

Sementara perusahaan apa yang menugaskan mereka, Sunardi mengatakan bahwa ini masih dalam penyidikan.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: