23 Oktober 2018
Home / Hukum & Kriminal / Polda Kepri berhasil gagalkan penyelundupan puluhan ton tekstil reject dari Cina

Polda Kepri berhasil gagalkan penyelundupan puluhan ton tekstil reject dari Cina

Tekstil selundupan dari Cina.

Batam (RiauNews.com) – Kepolisian Daerah Kepualauan Riau berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan ton tekstil yang merupakan produk reject dari Cina, dalam tiga buah kontainerm di Villa Mitra Raya, Batam Centre, Batam, Jumat (27/7/2017).

Kapolda Kepri Sam Budigusdian turun langsung meninjau lokasi kontainer-kontainer tersebut, yang rencananya oleh pelaku akan dikirim ke beberapa daerah.

“Tindakan ini melanggar undang-undang perdagangan, dimana disebutkan dilarang impor kain jenis tekstil. Pelaku terancam maksimal lima tahun kurungan,” sebutnya seperti yang dikutip oleh Batamnews.

Dijelaskan tersangka A ternyatabekerja di salah satu perusahaan garmen resmi di Batam. Dia mempunyai kerja sampingan mendatangkan sendiri barang khas maupun reject dari China memakai fasilitas perusahaan.

“Ternyata tersangka sudah tiga kali melakukan pengiriman barang seperti ini,” kata dia.

Sam menjelaskan, setiap barang dijual 0,5 dolar Singapura untuk satu kilogram tekstil. “Proses pengiriman barang tanpa sepengetahuan pihak resmi perusahaan,” kata dia didampingi Kapolres Barelang AKBP Hengki dan pihak Bea Cukai.

“Atas tindakan perdagangan ini merugikan garmen dalam negeri,” ujarnya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, sedangkan barang bukti akan diamankan dalam gudang supaya tidak rusak.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: