Home / Hukum & Kriminal / Pemberkasan selesai, kasus korupsi Satpol PP Kampar diserahkan ke Kejaksaan

Pemberkasan selesai, kasus korupsi Satpol PP Kampar diserahkan ke Kejaksaan

Pekanbaru (RiauNews.com) – Berkas pemeriksaan kasus korupsi pemotongan honor oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kabupaten Kampar, telah selesai dilakukan dan diserahkan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Riau ke pihak Kejaksaan.

“Berkas sudah diserahkan, kita menunggu hasil pemeriksaan dari jaksa,” kata Direktur Ditreskrimsus Polda Riau, AKBP Gideon Arief Setyawan di Pekanbaru, Kamis (21/12/2017).

Gideon menyatakan belum menemukan adanya bukti baru, namun pihaknya akan terus mengikuti perkembangan. Hingga kini masih tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka, yakni Kesatpol PP Kampar pejabat Kepala Satpol PP, MJ, Kepala Sub Bagian Perencanaan Program, AR dan Bendaharawan, IR.



Ketiga tersangka sudah ditahan didasarkan atas pelanggaran pasal 12 Undang-Undang Korupsi huruf e dan f, dengan ancaman kurungan minimal empat tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

“Setelah kita gelar perkara, mereka yang terbukti langsung kita tahan. Selanjutnya kita akan melakukan pemberkasan,” terangnya.

Kasus ini sendiri, kata Gideon, adalah pemotongan terhadap honor anggota Satpol PP saat melakukan pengamanan Pekan Olahraga Provinsi Riau yang dilakukan di Kampar beberapa waktu lalu.

“Barang bukti yang kita amankan ada Rp460 juta. Uang itu merupakan honor pengamanan bagi anggota Satpol PP Kampar,” ujarnya.

Penangkapan ketiganya dilakukan pada Kamis (7/12/2017) lalu setelah pihak Polda Riau mendapatkan laporan dugaan pemotongan dana tersebut. Selanjutnya, saat dilakukan pembayaran honor siang itu, anggota Satpol PP hanya diberikan uang Rp850 ribu, seharusnya Rp2,7 juta.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: