20 Agustus 2018
Home / Hukum & Kriminal / Lanjutkan kasus korupsi KTP-e, KPK bakal periksa sejumlah anggota DPR

Lanjutkan kasus korupsi KTP-e, KPK bakal periksa sejumlah anggota DPR

Ketua DPR Bambang Soesatyo rencananya akan dipanggil oleh KPK sebagai saksi dalam kasus korupsi KTP-e.

Jakarta (RiauNews.com) – Sesuai janjinya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) takkan berhenti mengusut kasus megakorupsi proyek KTP elektronik (KTP-e) hanya sampai Setya Novanto.

Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah pada Senin (4/6/2018) mengatakan, pihaknya telah menjadwalkan pemeriksaan sejumlah saksi dari DPR untuk kasus KTP-e. Salah satunya adalah Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang menggantikan Setnov karena telah menjadi terpidana atas kasus tersebut.



“Penyidikan KTP-e masih terus berjalan. Kami masih perlu periksa saksi-saksi, (Bamsoet) termasuk yang diagendakan,” kata Febri dalam pesan singkatnya, Senin (4/6).

Sejumlah saksi dari parlemen tersebut, lanjut Febri, akan dimintai keterangannya untuk dua tersangka KTP-e yakni Irvanto Hendra Prambudi (IHP) dan Made Oka Masagung (MOM). Menurut Febri, dibutuhkan keterangan sejumlah anggota DPR untuk mengonfirmasi aliran dana dan proses penganggaran dana KTP-el.

“Ada saksi yang dikonfirmasi salah satu (tersangka), namun juga ada yang keduanya (tersangka),” terang Febri.

Selain itu, sambung Febri, beberapa saksi juga akan diklarifikasi terkait proses pengadaan. Sehingga, informasi yang dibutuhkan KPK dari para saksi beragam.

Febri menambahkan, surat panggilan KPK terhadap saksi yang akan diperiksa sudah disampaikan secara patut. “Jadi kami harap saksi-saksi yang dipanggil memberikan contoh baik dan hadir memenuhi kewajiban hukum tersebut,” tegasnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: