Home / Hukum & Kriminal / KPK belum akan memanggil Zumi Zola

KPK belum akan memanggil Zumi Zola

Gubernur Jambi Zumi Zola.

Jakarta (RiauNews.com) – Pemangilan terhadap Gubernur Jambi Zumi Zola oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum akan dilakukan dalam waktu dekat, meski tiga aparatur pemerintahan yang menjadi bawahannya telah ditahan, terkait kasus suap pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Jambi tahun 2018.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha, pihaknya masih fokus memeriksa empat orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Dan, mengenai dokumen yang ditemukan di kantor Zumi Zola, Priharsa menyebutkan masih dianalisis penyidik KPK.

“Saya belum dapat info tentang pemeriksaan yang bersangkutan (Zumi Zola),” kata Priharsa.

Pada penggeledahan di kantor Zumi Zola, 30 November dan 1 Desember 2017 lalu, KPK menemukan sejumlah dokumen terkait anggaran dan catatan keuangan. Namun, Priharsa belum mau mengungkapkan isi dokumen tersebut.

Dalam kasus suap ini KPK resmi menetapkan empat orang sebagai tersangka. Tiga diantaranya adalah sebagai penyuap dari pihak Pemprov Jambi, yakni Erwan Malik, Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Arfan, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Jambi, dan Saipudin, asisten daerah bidang III Pemprov Jambi.

Sementara seorang lagi merupakan anggota DPRD Provinsi Jambi, Supriono, selaku penerima suap.

Penetapan tersangka kepada keempatnya merupakan kelanjutan dari operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar KPK pada Selasa, 28 November 2017 di Jambi dan Jakarta. Dalam OTT itu, KPK mengamankan 16 orang dan total uang sekitar Rp 4,7 miliar.***

Baca Juga

Gara-gara anjing, pria di Kandis coba bunuh satu keluarga

Siak (RiauNews.com) – Pikiran waras memang langsung hilang kalau sudah mabuk. Bahkan perbuatan kriminal menghilangkan ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: