Home / Hukum & Kriminal / JPU akan hadirkan mantan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh dalam sidang korupsi KMP Tasik Gemilang

JPU akan hadirkan mantan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh dalam sidang korupsi KMP Tasik Gemilang

Mantan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh.

Bengkalis (RiauNews.com) – Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Bengkalis berencana menghadirkan tiga atau empat saksi dalam sidang lanjutan dugaan korupsi Kapal Motor Penumpang (KMP) Tasik Gemilang. Salah satunya adalah mantan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh.

“Ya, salah satunya adalah mantan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh,” ungkap Kasi Pidsus Kejari Bengkalis Agung Irawan SH, Sabtu (25/5/2019).



Diutarakan Agung, untuk mendatangkan Herliyan Saleh sebagai saksi di persidangan tersebut, pihak kejaksaan terlebih dahulu akan meminta izin ke Kemenkumham.

Baca: Penghentian Proyek Multiyears Jalan Duri-Pakning ada yang janggal, mahasiswa bakal gelar demo

“Kita sudah minta izin dengan Kemenkumham untuk memanggil saksi mantan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh. Kita berharap mudah-mudahan saat sidang itu, Herliyan Saleh bisa dihadirkan,” katanya, sebagaimana di kutip dari Pekanbaru MX, Ahad (26/5).

Dijelaskan Agung, kesaksian Herliyan pada sidang mendatang itu sangat diperlukan, karena dugaan tindak pidana korupsi ini terjadi semasa kepemimpinannya.

Perkara ini menjerat mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis Jafaar Arief dan pihak pengelola YA alias Edi. Kasusnya sudah bergulir di pengadilan.

Baca: Bupati Bengkalis Amril Mukmini dicegah ke luar negeri

Herliyan Saleh sendiri saat ini sedang menjalani masa hukuman 6 tahun penjara dalam kasus korupsi penyertaan modal Pemkab Bengkalis kepada PT Bumi Laksamana Jaya (BLJ).

Dalam sidang pembacaan putusan, majelis hakim pengadilan Tipikor Pekanbaru yang diketuai Joni SH pada 16 Februari 2017, menyebutkan Herliyan terbukti melanggar pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah ditambah dan diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang.

Baca: KPK tetapkan Bupati Bengkalis Amril Mukminin tersangka suap Rp 5,6 M dari beberapa proyek

Vonis hakim ini sama dengan tuntutan jaksa sebelumnya. “Menghukum terdakwa selama enam tahun penjara,” kata hakim Joni.***

Pewarta: Ilva

Komentar
%d blogger menyukai ini: