24 Februari 2018
Home / Hukum & Kriminal / Ini penyebab penjahat siber asal Cina pilih Indonesia

Ini penyebab penjahat siber asal Cina pilih Indonesia


Jakarta (RiauNews.com) – Para penjahat dunia siber (cyber crime) asal Cina yang ditangkap di Jakarta Selatan pada Sabtu (29/7/2017), bukanlah yang pertama. Bahkan polisi sudah beberapa kali berhasil mengungkap kasus penipuan dan pemerasan yang dilakukan para WNA Cina dan Taiwan dengan target warga yang sama dengan mereka.

Lalu, mengapa Indonesia menjadi lokasi pilihan para penjahat cyber itu beroperasi? Ternyata salah satunya adalah mudahnya warga negera tersebut untuk masuk ke Tanah Air, karena kedua negara tersebut termasuk yang dibebaskan untuk visa kunjungan.

“Cina dan Taiwan kan termasuk negara yang dibebaskan untuk visa kunjungan, jadi mereka menyalahgunakan visa itu,” kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Heru Santoso Ananta Yudha beberapa waktu lalu di Jakarta.

Heru menjelaskan, pihak imigrasi sebenarnya sudah memiliki tim khusus untuk pengawasan orang asing, bekerja sama dengan kepolisian dan kejaksaan. Namun, para WN China dan Taiwan yang melakukan kejahatan cyber ini rata-rata memanfaatkan rumah mewah yang lebih sulit diakses karena memiliki pengamanan yang cukup ketat.

“Kita sudah berupaya mencegah, sebenarnya tidak ada kesulitan bila tenaga pengawasan kami memadai. Bahkan di bandara pun kami sudah ada tim pengawasan,” jelas Heru.

Imbas dari pembebasan visa memang akhirnya pihak imigrasi harus bekerja ekstra keras untuk mengawasi para WNA yang datang ke Indonesia. Apalagi, pasca pemberlakuan bebas visa, lebih dari 5 juta WNA datang ke Indonesia. Sayangnya, sebagian WNA menyalahgunakan fasilitas bebas visa itu untuk melakukan tindak kejahatan di Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada siang tadi polisi mengamankan 27 WNA asal Cina di sebuah rumah yang beralamat di Jalan Sekolah Duta, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Mereka diduga melakukan penipuan dan pemerasan dengan target warga Cina yang memiliki masalah hukum.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: