Home / Hukum & Kriminal / Hari ini Suparman mulai jalani masa hukuman enam tahun penjara

Hari ini Suparman mulai jalani masa hukuman enam tahun penjara

Bupati Rokan Hulu, Suparman. (Kredit: Kompas)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Bupati Rokan Hulu Suparman, terhitung hari ini, Rabu (06/12/2017), mulai menjalani masa hukumannya di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, sesuai dengan vonis yang dijatuhkan Mahkamah Agung (MA) selama enam tahun penjara.

Orang nomor satu di pemerintahan Rokan Hulu ini mengaku telah terzalimi dengan kuputusan MA, meski demikian dia tetap ikhlas menjalaninya.

“Saya akan laksanakan putusan hukuman itu, saya ikhlas menjalaninya dan keikhlasan saya ini merupakan tanda hormat saya kepada institusi penegak hukum,” kata Suparman, Rabu (06/12/17) sebagaimana di laman Riau Terkini.

Suparman menganggap vonis MA telah mengusik rasa ketidakadilan, setelah sbelumnya divonis bebas Pengadilan Negeri Pekanbaru

“Semua persidangan saya sudah ditonton orang, bahkan jaksa KPK menganulir saya terima uang. Saya tidak ragu menerima hukuman itu, biarlah badan saya dikurung, tapi semangat saya terhadap Rokan Hulu tidak akan bisa dikurung,” jelasnya.

Seperti diketahui, Suparman dan Johar Firdaus, mantan Ketua DPRD Riau tersangkut kasus suap APBD Riau. Suparman divonis oleh Majelis Hakim MA dengan hukuman 6 tahun penjara denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan, sedangkan Johar Firdaus, juga divonis sama dengan Suparman, plus dicabut hak politik selama 5 tahun terhitung pidana pokok dilaksanakan.

Selain penjara, Suparman dan Johar juga dihukum membayar denda Rp 200 juta atau diganti kurungan selama 6 bulan. Suparman dan Johar terbukti melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Suparman dan Johar Firdaus didakwa menerima uang suap dan janji atas pembahasan APBD. Johar menerima uang Rp155 juta dan janji pinjam pakai mobil dinas sedangkan Suparman menerima janji pinjam pakai mobil dinas.

Tindakan itu dilakukan kedua terdakwa bersama Ahmad Kirjauhari dan mantan Gubernur Riau, Annas Maamun. Dalam kasus ini, Kirjauhari sudah divonis 4 tahun penjara.

Sebelumnya di Pengadilan Tipikor Pekanbaru yang diketuai Rinaldi Triandiko, Suparman divonis bebas.

Ia dinyatakan tidak terbukti bersalah dalam kasus suap terkait pembahasan APBDP Riau 2014 dan APBD Riau 2015. Sementara, mantan Ketua DPRD Riau, Johar Firdaus, divonis hukuman 5 tahun 6 bulan (5,5 tahun). Selain penjara, Johar juga dihukum membayar denda Rp200 juta atau subsider 3 bulan penjara. ***

Baca Juga

Gara-gara anjing, pria di Kandis coba bunuh satu keluarga

Siak (RiauNews.com) – Pikiran waras memang langsung hilang kalau sudah mabuk. Bahkan perbuatan kriminal menghilangkan ...

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: