Darius Sinathrya mundur dari Nagabonar Reborn

Darius Sinathrya. (Foto: Kumparan)

Jakarta (RiauNews.com) – Produksi film Nagabonar Reborn sempat bermasalah terkait pelanggaran hak cipta tokoh peran utama legendaris tersebut. Permasalahan ini terjadi usai Deddy Mizwar menyatakan bahwa ia merupakan pemegang hak cipta Nagabonar.



Sebelumnya, Deddy meminta syuting film Nagabonar Reborn untuk dihentikan. Tidak mendapat respons baik, mantan wakil Gubernur Jawa Barat itu pun memilih untuk menyelesaikannya lewat jalur hukum.

Sementara itu, Gusti Randa dari pihak Gempita Tjipta Perkasa (GTP) selaku rumah produksi yang menggarap film tersebut menyebutkan mereka telah mendapat hak cipta Nagabonar dari ahli waris penulis asli skenario film, Asrul Sani. Hak cipta itu diperoleh Gusti langsung dari istri mendiang Asrul, Mutiara Sani.

Selain GTP, rumah produksi milik Darius Sinathrya bernama Night Bus Pictures juga sempat terlibat dalam produksi film Nagabonar Reborn. Sayangnya, Darius dan tim sudah mundur dari penggarapan film tersebut.

“Nagabonar kita cuman kerjain teasernya tapi kita enggak lanjut eksekusi produksinya. Tim kami (Night Bus Pictures) yang batal dan enggak jadi terlibat di produksinya,” kata Darius saat ditemui di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat pada Jumat, 5 Juli 2019 lalu.

Hanya sebatas mengerjakan teaser film, suami Donna Agnesia ini menyebutkan pemisahan dirinya dengan pihak Nagabonar Reborn dilakukan secara baik-baik. Hal tersebut merupakan keputusan bersama yang diambil oleh masing-masing pihak yang terlibat.

“Sejak tahun lalu (menarik diri). Mungkin kesepakatan bersama untuk enggak melanjutkan,” ujarnya.

Ketika ditanya soal pelanggaran hak cipta film Nagabonar Reborn, Darius enggan memberikan komentar. Menurutnya, masalah tersebut di luar ranah kuasanya. Pria 34 tahun itu hanya didapuk sebagai penyedia jasa untuk produksi film tersebut.

“Kalau soal hak cipta itu bisa ditanya langsung sama yang berkepentingan karena kan kita lebih production services saja. Jadi saya lebih ke produser pelaksana. Dan masalah itu bukan ranah saya. Percuma juga saya komentarin, saya enggak tau. Itu kesepakatan nya mereka lah,” ucapnya.

Sejak mengundurkan diri, Darius tidak tahu-menahu tentang kelanjutan produksi film yang dibintangi oleh Gading Marten itu, “Enggak tahu, enggak ngikutin. Saya dan tim saya enggak ada lagi yang ngikut di situ,” tutupnya.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: