20 Februari 2019
Home / Featured / Mencuci daging ayam sebelum dimasak tak disarankan

Mencuci daging ayam sebelum dimasak tak disarankan


RiauNews.com – Daging ayam menjadi olahan makanan yang banyak digemari. Tentunya untuk menghidangkan aneka hidangan berbahan dasar daging ayam, Anda perlu mengolahnya dengan benar. Salah satunya adalah ketika membersihkan ayam. Dalam melakukan hal ini, masih banyak orang mencuci daging ayam sebelum dimasak. Padahal itu bukan kebiasaan yang baik.

Dilansir Viva dari Reader’s Digest, Senin (11/12/2019), Anda disarankan untuk tidak mencuci ayam sebelum memasaknya karena dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang.

Kebanyakan orang yang membersihkan ayam berpikir bahwa mereka sedang mencuci ayam dan menghilangkan kuman atau bakteri dari ayam. Memang benar bahwa ayam mentah mengandung bakteri seperti campylobacter atau salmonella, tetapi mencuci dengan air tidak membantu membersihkannya dari bakteri.

Faktanya, mencuci ayam justru memperburuk masalah ini. Menurut UK National Health Service, hal ini karena air yang mengalir dan cipratan air yang dipakai untuk mencuci ayam dapat menyebarkan bakteri ke sekitar tempat cuci piring, meja dapur dan bahkan pakaian Anda.

Badan Kesehatan Pangan Amerika Serikat menyatakan bahwa satu-satunya cara terbaik untuk menghilangkan bakteri pada ayam adalah dengan memasaknya dalam suhu yang tepat. Aturan ini juga berlaku untuk jenis daging dan ikan lainnya. Untuk memastikan kuman dan bakteri mati, Anda perlu memasak daging ayam dengan suhu 165 derajat Celsius.

Jadi, saat akan memasak ayam, Anda cukup membersihkannya menggunakan tisu dapur. Jika sudah telanjur mencuci ayam, Anda perlu mendisinfeksi benda-benda di dapur yang terkena percikan air cucian ayam, untuk mencegah kontaminasi silang. Kemudian cuci tangan dan makanan lain yang telah bersentuhan dengan daging mentah atau makanan apa pun. Begitu pula dengan alat masak yang bersentuhan dengan daging mentah.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: