Sitrak, truk asal Cina siap ramaikan jalanan Tanah Air

Sitrak, truk hasil kobalorasi perusahaan asal Cina Sinotruck dengan MAN dari Jerman.

Jakarta (RiauNews.com) – Serbuan produk otomotif asal China makin masif saja. Setelah Wuling, Sokon DFSK, Foton dan sekarang Sun Motor Group melalui PT Sentra Kreasi Niaga (SKN) menghadirkan truk beban berat merek Sitrak C7H-40.390 6×4,

Truk berat ini diklaim memiliki ketangguhan khas produk Eropa, tetapi dengan harga yang relatif terjangkau, karena Sitrak produk tersebut hasil kolaborasi MAN truk asal Jerman dan Sinotruck asal China.

Menurut Nugroho Tjandrakusuma, Direktur Grup Sun Motor, penjualan Sitrak masih menyatu dengan dealer MAN dan lainnya. Sehingga pihaknya menghimbau kepada para konsumen tidak perlu khawatir untuk menemukan produk ini dan after sales nya.

Sitrak termasuk dalam kategori truk premium di kelas heavy duty truck (MDT). Truk ini memiliki kemampuan dan spesifikasi sama dengan MAN TGS 40.400 6×4 yang diproduksi di Jerman.

Karena diproduksi di China dengan biaya yang lebih murah, maka harga bisa lebih murah dibanding MAN.

Sitrak dibanderol Rp 1,25 miliar yang cukup kompetitif dibanding para kompetitornya seperti Tata, Mercedes Benz, Hino, Mitsubishi, maupun UD Trucks.

Dengan harga tersebut, Sitrak diharapkan bisa menjadi pilihan konsumen yang membutuhkan truk bertenaga besar, durabiltas yang lama,
mampu membawa beban yang lebih besar, ekonomis dan balik modal dengan cepat.

Sitrak yang diproduksi di China pada 2011 lalu sudah teruji keandalannya. Truk ini dijalankan sejauh 4 juta kilometer dan tidak terjadi masalah yang berarti.

Sitrak memberikan garansi unit 1 tahun, dan tambahan 1 tahun lagi untuk driveline dengan unlimited kilometer. Disamping itu, truk ini telah disematkan sistem database yang dapat mencatat riwayat penggunaan truk. Artinya, di sana dapat dideteksi kecepatan laju truk hingga konsumsi bahan bakar.

Sebagai pemain baru SKN tidak mematok tinggi untuk penjualan Sitrak. Per bulannya hanya ditarget 60 – 70 unit saja, mengingat kompetisi di segmen ini cukup sengit. Sedangkan untuk konsumen fleet, SKN akan menyediakan pelatihan khusus untuk pengemudi, termasuk mekanik dan suku cadangnya.***

Sumber: SWA

Komentar
%d blogger menyukai ini: