Home / Berita Utama / Tipu puluhan orang, dua calo CPNS ini raup Rp8,3 miliar

Tipu puluhan orang, dua calo CPNS ini raup Rp8,3 miliar

Guntur Aryo Tejo.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga. Pepatah tersebut tepat disematkan pada dua orang calo CPNS yang telah menipu 63 orang, sehingga mampu meraup total Rp8,3 miliar dari para korbannya.

“Karir” duo penipu yang keduanya perempuan, masing-masing SH (34) dan HN (51) ini berakhir setelah salah satu korbannya IVN (34) membuat laporan ke Kepolisian Resor Dumai, Provinsi Riau.

Informasi dari Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo menyebut bahwa aksi penipuan ini sebenarnya sudah terjadi pada 2014 lalu.

“Saat itu korban dan sejumlah temannya pergi ke rumah pelaku untuk menanyakan perihal penerimaan CPNS di lingkungan Kementrian Perhubungan,” ucap Guntur di Pekanbaru, Selasa (18/4/2017).

Pelaku mengaku bisa meloloskan mereka jadi CNS dan akan ditempatkan di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Dumai. Tapi dengan syarat korban harus memberikan uang sebesar Rp200 juta.

“Kemudian pada Mei 2014 korban memutuskan mentransfer uang sebesar Rp200 juta ke rekening Bank Mandiri HN. Setelah itu pelaku mengatakan akan mengurus semuanya sampai korban menjadi CPNS di Kemenhub,” ungkap Guntur.

Namun hingga 2016 saat ditanya korban, pelaku hanya mengatakan sabar saja atau tunggu saja dulu.

Merasa tidak senang atas kejadian tersebut korban melaporkan kedua pelaku tersebut ke Polres Dumai guna pengusutan lebih lanjut.

Hasil penyelidikan berdasarkan keterangan saksi-saksi diketahui bahwa jumlah peserta yang ikut mendaftar pada pelaku totalnya sebanyak 63 orang. Namun sampai saat ini tinggal 38 orang, karena sudah mengundurkan diri sebanyak 25 orang.

“Jumlah uang yang telah dikumpulkan dari 63 peserta awal adalah sebanyak Rp.8,3 Millar. Polisi masih melakukan pengembangan penyelidikan untuk dugaan tersangka lainnya,” tutup Guntur.***

 
loading...